Jumat, 17 Desember 2010

Perbedaan FB dengan Twitter?

tulah pertanyaan yang sering saya dengar dari teman-teman:”Eh, facebook ama twitter bagus mana sih?” Ok, sebetulnya kalau dipandang dari sisi fungsinya dua sosmed itu memiliki fungsi yang berbeda.

1. Facebook
Sosmed ini lebih berfungsi untuk mencari teman atau jaringan.Entah itu teman yang sebenarnya atau sekedar teman-temanan di dunia maya saja.Banyak fitur fb yang memungkinkan seorang pemilik akun untuk mudah mencari teman lama atau mencari teman baru. Selain itu fungsi upload foto, video, link menjadi andalan untuk menarsiskan diri, dalam konteks positif atau negatif. Update status biasanya berisi aktivitas atau pemikiran yang kemudian dikomentari oleh teman2. Sayangnya, update status di fb tidak bisa diteruskan atau diforward kepada temannya teman. Inilah satu perbedaan signifikan antara fb dan twitter. Update status hanya bisa dilihat oleh akun-akun yang telah menjadi teman atau kalau grup hanya bisa dilihat dan dikomentari anggota. Kita akan lebih mudah untuk mencari info tentang teman2 kita,foto-foto mereka,aktivitas dan sebagainya apabila kita mau untuk berkunjung ke wall dan info profil teman kita tersebut. Dan, untuk akun pribadi jumlah teman hanya dibatasi sampai 5000 orang saja.

2. Twitter
Sebetulnya twitter adalah semacam blog, atau micro blogging, tempat untuk ngeblog dengan skala kecil. Walaupun hanya dibatasi 140 karakter/huruf sosmed yang ini telah menunjukkan kedahsyatannya dengan beberapa kasus yang mengguncang media.Seperti kasus Pak Tifatul menkominfo yang bersalaman dengan Michelle Obama, kasus Ariel, dll. Terbatasnya jumlah karakter secara tidak langsung telah mendidik kita untuk membuat kalimat yang padat, tidak bertele-tele, to the point. Di sini kita bisa memfollow akun seseorang dan juga difollow seseorang. Jumlah follower tidak dibatasi. Akun para selebritis dan saluran informasi bisa difollow sampai ratusan ribu orang. Ada tiga fasilitas utama yang dimiliki twitter, yakni new tweet;yaitu kita menulis tweet atau kicauan kita, mention:kita bisa menyebutkan akun 1 atau lebih dalam twit kita, biasanya dikenal juga dengan reply (membalas twit seseorang dan langsung pada orang yang kita mention tanpa terbaca oleh follower kita,kecuali follower kita memfollow juga akun yang kita mention). retweet : yaitu kita memforward tweet sesorang yang kita anggap penting atau berguna bagi follower kita. Fasilitas tanda # atau hashtag juga memudahkan seseorang apabila ingin mencari tema-tema tertentu yang sesuai dengan kebutuhan. Hashtag inilah yang menjadi salah satu keunggulan twitter, memungkinkan tweet dan pemikiran kita dibaca oleh lebih banyak orang dengan interest yang sama. Dan, tweet ataupun retweet kita sangat mungkin untuk dibaca oleh orang-orang yang tidak kita kenal. Fasilitas link dan upload foto juga dimungkinkan, namun biasanya tidak akan langsung muncul di twitter.

Kesimpulannya, fb dan twitter mempunyai fungsi yang berbeda, tidak bisa dibandingkan atau bahkan diversuskan. Bijaksanalah saat berfb ria ataupun bertwitter ria, agar kita tidak terjebak pada fungsi sosial yang semu. Bersosialisasi secara nyata di masyarakat tetaplah dibutuhkan, dan efeknya akan jauh lebih riil daripada dunia maya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 UPM Millenium IAIN Jember. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan