Selasa, 14 Desember 2010

Sekolah Jurnalistik Online


Mahasiswa jurusan Dakwah prodi komunikasi dan penyiaran Islam STAIN Jember
(tulisan ini pernah di muat di harian surya



Prodi (program studi) komunikasi penyiaran Islam (KPI) jurusan dakwah merupakan prodi yang berorientasi pada ilmu informasi dan komunikasi yang juga berkaitan dengan dunia jurnalistik. Mahasiswa yang bergerak di bidang jurnalistik seharusnya mampu menguasai media informasi, seperti internet. Melihat kenyataan tersebut, jurusan Dakwah Sekolah tinggi agama Isalam negeri (STAIN) Jember mengadakan pengembangan pembelajaran kejurnalistikan, dengan terbentuknya sekolah jurnalistik dan kini melibatkan media online sebagai pendukung pembelajaran. Melibatkan media informasi yang lebih murah dan efisien tersebut diharap mahasiswa mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai jurnalistik modern.

Sebagai calon jurnalis, memahami internet sangatlah penting, karena teknologi internet memudahkan kegiatan komunikasi lebih cepat dan efisien. Melihat kemudahan yang didapatkan, seharusnya internet menjadi bagian dari gaya hidup jurnalis. Kehadiran internet telah mengubah paradigma baru pemberitaan. Event on the making, yaitu berita yang muncul tidak dipublikasikan beberapa menit, jam, hari, atau minggu kemudian, tetapi begitu terjadi, berita bisa langsung di-upload ke situs web media online. Itulah keunggulan media online yang serba cepat.
Dengan adanya pengembangan pembelajaran online jurnalistik, mahasiswa diharapkan mampu memanfaatkan teknologi dalam menulis sekaligus mempublikasikan berita, pemanfaatan teknologi tepat guna akan menciptakan sistem pembelajaran yang lebih optimal. Jika biasanya dosen mengontrol tugas mahasiswa melalui lembaran kertas kini dapat langsung mengontrolnya melalui media internet.
Pengembangan pembelajaran online ini juga melibatkan situs jejaring sosial macam Facebook (FB) yang marak digunakan anak muda, mulai dari anak sekolah hingga mahasiswa. Komunikasi yang lebih intens dan akrab bisa berlangsung di FB, pemanfaatannya bisa lebih dioptimalkan.
FB tidak sebatas media jejaring sosial, namun diarahkan pada proses belajar mengajar, bisa dengan cara menciptakan komunitas sekolah jurnalistik di grup, mempublikasikan kepada mahasiswa dan mulai memberi arahan dan berkomunikasi, bisa pula dengan cara chatting dan menulis berita.
Sekarang ini di sekolah jurnalistik STAIN Jember sudah memanfaatkan blog dalam kegiatan jurnalistik dan mulai disosialisasikan kepada mahasiswa dengan keyword KPI Dakwah. Hal ini dimaksudkan sebagai media bagi mahasiswa melakukan kegiatan jurnalistik yang kemudian dilaporkan. Walaupun cangkupannya tidak begitu luas hanya sebatas internal kampus, namun itu adalah proses kemajuan kegiatan jurnalistik yang harus di kembangkan oleh mahasiswa.n
Dibaca: 1828 

1 komentar:

Anonim mengatakan...

silahkan berkomen ria

Posting Komentar

 
Copyright 2009 UPM Millenium IAIN Jember. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan